22 December 2011

Dengan Sulung, Kegiatan dan Perasaan Terhadap Dia<< Belanda 7-16 September 2011

Perasaan yang menguasai selama saya mengunjunginya, adalah bangga
Kalau ada suami saya bersama di sana pasti saya peluk "Mas, relatif tidak menyimpang kita mengasuhnya, terima kasih kerjasamanya ya sebagai orangtuanya... "
Kalau ada bapak ibu saya seandainya bersama di sana, pasti saya peluk "Bu, Pak... gak salah bapak ibu mendidik saya sehingga bisa juga saya mendidik cucunya, terima kasih pelayanannya sebagai orangtua saya, yangkung yangti nya anakku..."
yang saya lakukan di Belanda ini adalah mencontoh apa yang bapak ibu lakukan dulu kepada saya waktu saya kuliah di Bandung,
kata orang Jawa adalah 'dipernah'ke'... dilihat situasinya biar semua semua merasa nyaman, yang lagi kuliah nyaman yang jauh di tanah asal juga nyaman...
tapi Sulung ku ini suka salting kalau berkaitan dengan masalah emosi...
jadi selama di Belanda saya bertekad untuk tidak termehek-mehek.. biar itu di hati saya saja

Selagi dia kuliah,
saya sempatkan untuk menunjungi kampusnya Universitas Twente,
ditemani kenalan baru saya pak Victor
Waktu foto-foto saya mengunjungi kampusnya saya pamerkan...
ya ampuuuun... dasar sulung saya, mungkin memang terlalu fokus orangnya
kurang multitasking... maksud saya ya, kayaknya sih udah ngasih nasehat sih... sembari kuliah ya liyat-liyat lingkungan gitu... jalan-jalan, plesir... kalau jalan kaki atau pake sepeda kan irit juga...
nah, waktu saya pamerin fotonya, dia bilang gini "Ini dimana???", "Ini Twente???"
yaaaa... capek deh... padahal saya mah pepotoan gak jauh dari fakultasnya, ya di situ-situ aja.. secara harusnya dianter anak kan ya... ini kan saya sendirian itungannya, nah..
aneh deh Sulung saya...
berikut ini adalah foto yang membuatnya bingung... lah padahal ini gedung di depan, tempat masuk pertama kali
nah lo..jadi selama ini dia masuk kuliah darimana???

Sebagai ibu saya antar dia untuk mencari barang-barang kebutuhannya,
dari sapu plastik, celana panjang, kabel-kabel sampai dompet... juga roti dan stroopwafel...
makan siang bareng, nonton pameran fakultasnya...jalan-jalan siang juga jalan-jalan malam hari
juga tidur umpel-umpelan di kasurnya rebutan selimut rebutan bedcover
saya kurangi sesi ceramahnya... takut bete dianya
jadi pembantu rumah tangganya, pas dia kuliah saya beresin kamar barunya (dia pindah kamar ke tempat kamar temannya yang pergi ke Amsterdam)

Peran sebagai ibu gak beda lah saat di Indonesia juga di Belanda
jadi saya temani dia belanja barangkebutuhannya
ini saat dia parkir sepedanya,
diiketnya kudu beneran karena pencurian sepeda adalah seperti kemacetan di jakarta... jadi ya sudah biasa di sana...
jadi sepeda harus disayang dijagain,
ini di parkiran waktu beli barang kebutuhan di minimarket  Action
alamatnya 1066 Enschede, Boulevard 1945 nr 372
di Action harga barangnya murah... kecintaan mahasiswa gitu deh...

terus ini foto saat dia main-main sama sepedanya di Centrum...
hehehe... sepedanya sudah hilang per November, kesian deh...
ah.. kalau lihat dia maen-maen sepeda ini, terus tahu bahwa kemana-mana dia tergantung dengan sepeda... saya jadi keingat waktu dia kelas 6 SD... tahun 2004, pas 17Agustusan...
itulah kali pertama dia bisa naik sepeda...
gemes banget sebagai orang tua, liyat dia ogah2an bahkan cenderung alergi sama sepeda...
hatinya kecil.... males banget mencoba sesuatu yang baru kalau gak aman atau menguntungkan dia
gemesssss banget ngajarin untuk mau mencoba... dari lembut sampai pemaksaan dan ancaman agar dia mau belajar gowes... gak mempan juga
ya akhirnya memang begitu dia siap, dia tahuu enak... dia mau latihan, ah bisa juga...
walau anak lain umur 5 tahunan bisa... dia 12 tahun, hahahaha...
jadi lihat dia maen2 gini... perasaan saya terharu juga...
semoga dia tahu, bahwa mencoba sesuatu itu perlu dilakukan... hahaha, udah tahu bu... buktinya dia mencoba sekolah jauuuuuh dari emaknya berani....
emaknya yang harus mencoba... bagaimana ikhlas anaknya jauh... nyebrang laut nyebrang benua
emang campur aduk perasaan saya selama bersama si Sulung ini di Belanda...

saya menyempatkan diri untuk makan siang bersama
ah kalau ada warteg mah kita akan ke warteg... hehehe, tapi saya kan tahunya hanya yang pernah ditunjukkan ibu kost... ya saya bawa anak saya makan di situ, mati gaya.. gelap gak tau mana-mana lagi kan...
ini waktu makan siang di cafe di supermarket V&D Enschede...
ini menu maksi waktu itu, pizza formaggio... untuk anak yang kelaperan :p
we are cheese lover... jadi ya cucok lah...


Berikut ini, adalah petualangan saya
membeli barang perlengkapan anak saya,
lampu belajar dan box penyimpanan.... dimana??? di IKEA, hohohooo....
selama ini IKEA yang kita pernah kunjungi ya di Singapura,
sebenarnya saya bisa juga.... ke IKEA di Hengelo... ini IKEA terdekat dari kota tempat anak saya tinggal...
tapi inilah petualangan saudara-saudara... saya sampai juga di IKEA Utrecht....
komporwati-nya adalah Rurie itu... tapi saya tidak keberatan diajak berpetualang dengan dia
toh di IKEA saya berhasil membeli keperluan si Sulung... harga kompetitif dan barangnya berkualitas...


Selain urusan materi... benda dan barang kebutuhan
saya berkesempatan juga mengenal teman-teman Sulung ku
pertama saya berkenalan dengan Fahrin, yang berasal dari Surabaya... satu kos dengan anakku
terus saya juga berkesempatan bertemu dengan anak Indonesia yang lain kampus, mereka sekolah di Hogeschool (=Sekolah Tinggi) bukan Universiteit.... saya ketemu Aaron dan Anten, keduanya dari Surabaya... ketemu Sulungku pertama kali saat transit di Kuala Lumpur waktu berangkat dulu itu.... hebatnya anak-anak itu ya.... baru kenal langsung bisa dekat....
Aaron kuliah di Hogeschool Enschede sedangkan Anten di Hogeschool Deventer..
Miraclely...yang sudah diaturNya...sungguh menurut saya ini keajaiban,
Anten itu adalah anak sahabat saya waktu kuliah di Bandung dulu... saya satu fakkultas bahkan satu angkatan dan sering satu kelompok mengerjakan tugas selama di Psikologi Unpad... jadi ibunya Anten dan saya sama-sama psikolog.... bayangkan... setelah sekian belas tahun tidak ketemu, sekalinya bisa sekarang anak2nya sama-sama ke Belanda.....
ini saya dan mama nya Anten,sekitar 25 tahun yang lalu,
gak nyangka.... dulu emaknya sekarang anaknya... hehehe...

Oke tugas ibu di sana untuk 'memernahkan' ttg barang juga tentang teman...
nah ada lagi yang sangat penting
yang musti diamati (untuk laporan pertanggungjawaban pada 'shareholder'nya di tanah air sana, hehehe...)
adalah kegiatannya untuk memperkuat keimanannya
dari laporannya sebelumnya, saat dia pertamakali tiba di Enschede...
saya sudah tahu akan sulit mencari gereja Katolik di sana
Misa diselenggarakan tiap minggu, seperti di sini, tetapi bukan khusus untuk Katolik... tapi untuk yang beragama Kristen
jadi kebaktiannya untuk umat Katolik, Kristen Protestan, Orthodox dan aliran2 agama Kristen yang ada..
tempatnya berpindah-pindah, kadang di salah satu ruangan apartemen di sana
kalau teman SMAnya yang ada di Den Haag bisa menjadi misdinar... anakku beruntung untuk ada kebaktian setiap minggunya....
dan kebetulan, saat saya berada di sana.... ada misa di gereja Katolik,
diadakan 1 bulan sekali setiap minggu kedua,
di Hengelo.... kota tetangganya Enschede
saya bersyukur melihat si Sulung dengan teman2 mahasiswa nya dari mana-mana satu propinsi, bertemu dengan umat lain (kebanyakan sudah berumur... alias bukan anak muda atau keluarga muda...) di satu gereja
Doa saja yang bisa saya lantunkan untuk anak saya,
semoga imannya tetap kuat teguh dan semakin berkah untuk banyak orang lagi....
Tuhan melindungimu dan Bunda Maria menjagamu ya le...

tentu saya harus menuliskan bagaimana malam terakhir saya di sana bersama anak saya...

setelah packing, menimbang koper, mempersiapkan tiket, sebelum tidur malam...
anak saya mengajak berdoa...
saya terharu, karena anak ini dulunya ogah-ogahan diminta memimpin doa...
jadi saya senang dan bersyukur untuk apa yang dilakukannya malam itu,
mengucap syukur atas kedatangan saya dan meminta perlindungan di perjalanan saya kembali ke Indonesia, meminta bimbingan agar dia kuliah dengan benar dan baik sehingga tidak mengecewakan bapak dan ibunya....

senangnya saya....
menghapus kejengkelan yang pernah timbul waktu dia bilang begini
"ya aku gak bisa dong antar2 ibu... aku kan kuliah (-minta ijin sekali aja kan gpp, ibu kan juga gak sering ke sini-)... kan gak bisa bu, setiap ada yang datang dari Indoensia aku temani... sekarang ibu, besok kalau bapak dateng aku ijin kuliah lagi, kalau ada saudara lain berkunjung nanti aku ijin lagi.... ogah! mending gak usah kesini kalau gak bisa isi waktu sendiri dan ngerepotin aku" 
halah... waktu itu rasanya hati nyut-nyut-nyut...
kenapa jadi Belanda banget... saklek gitu... gak ada terima kasihnya dikunjungi, dibawain barang yang ketinggalan... udah angkat-angkat koper 20an kilo sendiri niy bung... kok bisa ya bilang gitu...

ya sudahlah...
saya rasa dia lagi mengalami euphoria... lagi ngerasa seneng bisa kuliah di Belanda
jadi semua2 di adop... tanpa mencoba membaurkan dengan nilai2 budaya Indonesianya yang bicara lebih lemah lembut pada orang yang lebih tua... apalagi ini emaknya...

ya sudahlah... secara logika ya betul yang diucapkannya
tapi ya ada ya rrasa-rasanya yang kurang pas gitu....

tapi saat dia memimpin doa untuk perjalanan pulang saya ke Indonesia... hilang semua jengkelku...
bangga aja yang ada...
jadi pengen peluk pengen usek-usek rambutnya...
pagi subuh itu.... saya diantar ke stasiun kereta Enschede oleh ibu kos dan si Sulung....
yang ternyata juga bersama beberapa mahasiswa Indonesia yang sudah menyelesaikan pendidikan S2nya dan akan kembali ke tanah air... jadi mereka diantar oleh teman2 lain yang masih belajar...
bye adik (still my baby boy).... ibu akan kangen,
tapi ibu bangga sama kamu dik.... melampaui mimpi bapak dan ibu....
melampaui mimpimu sendiri
kamu bisa... ini bukti kamu bisa ambil resiko,
ini bukti kamu mau keluar dari zona nyamanmu dan mengambil tantangan yang jauh lebih sulit

baik-baik ya di sana,
jaga diri ya dik...
berkembang ya...
serap dan ambil setiap kesempatan untuk menjadi lebih baik...

jangan lupa, kamu orang Indonesia....
kamu Canisian... hidup jujur ya...

No comments:

Post a Comment