12 December 2011

Hari Pertama Di Enschede Bersama Si Sulung << Belanda 7-16 September 2011

Begitu sampai di tempat kosnya.... Sulung saya sedang kuliah...
Ternyata kuliahnya tidak seperti saya kuliah dulu... ambil matakuliahnya apa dan masuknya di jam2 tertentu, jadi bisa ada waktu kosong di kampus bahkan hari libur...
tapi anakku sekolahnya dari pk 08.30 sampai puku 17.00..senen sampai jumat.....
kayak adik2nya sekolah ya...
istirahatnya jam 12.00-13.00
lebih berat dari masa SMAnya dulu....
jadi lah saya akan bertemu dia nanti sore....

Sembari menunggunya, saya diajak oleh ibu kos berkeliling kota Enschede
kebetulan ibu kos nya bekerja memenuhi pesanan majikannya -Mr Mrs deWolfe- yang akan menerima tamu saat dinner, sehingga perlu wine (anggur), hadiah untuk tamunya dan bunga untuk hiasan rumah
jadi saya mengantar ibu Yati pergi mengunjungi tempat-tempat untuk membeli hal itu semua
Pertama kita ke Intratuin, tempat bunga-bunga...
Kita banyak taking pictures there...
hahahaha tetapi di sesi foto terakhir ditegur petugas katanya gak boleh foto di sini...
ups... ngakunya saya dari luar negeri yang gak tau apa-apa gitu, sok lugu... jadi mereka maklum, hehehehe padahal udah banyak banget foto diambil di situ hehehehehe....
saya suka banget lihat anggrek biru... heran,kok bisa biru? *bengong*
Ini suasana di Intratuin... waktu saya datang sudah mulai bebenah menyambut winter... menyambut Natal

sekalian mungkin mau kenalan dengan ibu kosnya anakku,
namanya ibu Soefiyatie S. Proost, cantik dan stylish....
setelah dari Intratuin, saya beranjak ke supermarket (saya lupa namanya, hehehe...)
dan menemukan kalau di sana Blue Band bukan merk margarine, tapi merk roti...
setelah menyerahkan barang keperluan ini untuk majikan ibu kos saya, kami pulang....

Sulung juga baru datang dari kampus... dengan sepedanya... pakai lurik...
wow.. udara sedingin gini pake lurik Jawa..?? I got it... gakpapalah, t-shirt dan lurik saja, toh kehangatan kampung halaman menyelimuti badan bukan...
ah senengnya lihat dia... so Indonesia....
untuk sampai kamarnya harus melalui tangga sempit... dia pindah dari kamar awalnya di lantai 2 menuju ke kamar di loteng (attic)

Kamarnya rapi... bersih...
Ini kejutan pertama untuk saya, karena selama ini dia dihimbau untuk rapi dan tidak slebor... dan tidak juga berubah...
Waktu diminta mengantar jalan-jalan menunjukkan kampusnya, dia menolak karena harus kuliah...
Ini kejutan kedua untuk saya, berarti dia sudah sangat tahu apa tujuannya ke Belanda;
saya puji dalam hati, bahwa dia fokus untuk kuliahnya.... saya bangga
saya puji dia langsung tapi dia cool.... "ah itu biasa ibu...."

Selama sama dia... tentu banyak bicara.. kita saling cerita..
saya diajak ke pameran yang menunjukkan hasil kreatifitas mahasiswa di jurusannya, kebetulan pameran diadakan di Centrum, pusat kota... jadi saya bisa jalan kaki ke situ
Pameran diadakan di sebuah gereja....mungkin karena tidak ada umatnya malah gedungnya dipakai untuk pameran..

itu banner pamerannya yang ada di Centrum, dinding gereja yang dijadikan ajang krreasi dengan sinar laser... dan saya berdiri di samping robot scorpio kalajengking....
oooo... baru sedikit paham, ternyata Creative Technology tu berkaitan dengan robot, cara menggerakkan sesuatu dengan software tertentu.... oooo... begini ya nanti yang dipelajari Sulung ku...
semoga dia kreatif (hehehe... doa yang anehdari seorang ibu untuk anaknya)...
semoga anak IPS ini percaya diri mengerjakan tugas anak IPA (menjadi mempertanyakan juga... kalau gitu apa gunanya  di negeriku, sekolah dibagi-bagi IPA IPS BAHASA... )
semoga anakku nyaman sekali kuliah di tempat yang dia minati....

Lalu malam itu saya diajak muter-muter Centrum,
yang jelas saya baru tahu, betapa senangnya hidup di Indonesia, kalau jalan-jalan... kalau kebelet pipis, gampang banget dapetin toilet...
hadoooow kalau di sana, harus tahu dulu dimana toilet gratis hehehe..
karena di sana toilet itu bayar dan tidak semua toko menyediakan toilet
jadi kalau di Enschede, yang saya tahu gratis adalah di McDonald
jadi kalau kebelet, kita masuk McD dan beli deh disana makanan sambil mlipir cari toiletnya, hehehe....

Ini hasil potret2 selama jalan2 malam itu
lucu aja sofa di tengah jalan melintang, ada gambar hatinya :p
aah coba suami ikutan ya... bisa mejeng bareng dipoto ma anak gitu hehehe...
berikut ini foto unik... ada patung di bawah yang menatap ke atas gedung
karena di atas sana ada temen patungnya hehehe....
dan juga ada patung mobil lucu depan toko permen
toko permen di sana yang ngetop namanya Jamin... nah di sini saya beli permen Belanda yang terkenal, hopjes....
kira-kira pukul 10 malam kami berjalan pulang...
karena masalah listrik yang mahal, ya jangan harap jalanan terang benderang....
tapi katanya Enschede termasuk aman, kecuali masalah pencurian sepeda ya... mah kalau ini udah di seluruh Belanda, mata pencaharian yang sangat subur lahannya.... wong kemana-mana naiknya sepeda....
saya sempatkan foto di depan rumah kos, situasinya malam hari... dan malam 8 September 2011 itu, bulan sedang bersinar terang karena bulan purnama.. sayang  abulannygak sempet di foto...
Hari pertama di Enschede ditutup dengan tidur uyel2an satu tempat tidur sama si Sulung,
duingiiiinnya 16 derajat Celcius buat kita rebutan selimut dan bedcover..... kangen Indonesia yang hangat...

2 comments:

  1. wah semangat sekali kakag,, :D subhanallah hehehe suka kag ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mau blogwalking sampai ke sini.... baiklah... semangaaaat...

      Delete