30 January 2012

Surprise Birthday Party dari Jakarta, Indonesia ke Belanda 29 Januari 2012

Video buatan kekasihnya ini yang membuatnya terharu biru 
dan menangis di antara sahabat dan rekannya saat menyaksikannya
Isinya kumpulan ucapan selamat ulang tahun dari teman-temannya waktu SMA, SMP, SD, TK bahkan di Play Group (kelompok bermain) qiqiqiii.... juga dari keluarga,
tekun banget ya dikumpulin satu-satu, dihubungi satu-satu.... 
dijadikan kado, 
dan yang terserak dimana-mana sampailah di satu tujuan. di sebuah kota di Belanda sana.
Waktu itu si Sulung ada di Nijemegen, 
di hari ulang tahunnya 29 Januari 2012,
di rumah sahabatku Yeti yang hari itu baru saja mendarat di Schiphol dari Jakarta, 


Kromme Elleboog 46 Nijmegen...
adalah pusat pertemuan hati dan kasih sayang dan perhatian dan cinta hari itu....
Sampai ibu kosnya Yeti pun terpesona dengan keakraban mereka yang berkumpul hari itu
(Ibu) Dinie... terima kasih bantuannya dan keikhlasannya menyelenggarakan surprised birthday party untuk Sulung saya, di kediaman ibu ya....

dari Jakarta, Yeti minta ijin akan ada party
kata Dinie
"Kamu tu ya... baru dateng sudah pesta, ckckckck...
asal saya boleh ikut, pesta boleh diadakan di sini"
hehehehe... "Berapa orang Yet?"
dijawab Yeti  "Lima orang"

yang dateng ternyata 4 kali lipat nya,
punten atuh nya madam...
20 orang including Yeti dan Dinie,

mahasiswanya adalah
2 dari Den Haag + 1 dari Gronigen + 3 dari Enschede (termasuk Sulung ku) + 11 dari Nijmegen

heboh heboh...


Jadi pengaturan dari alam semesta itu begini...

Sebagai ibunya,
begitu tahu ada sahabat yang akan ke Belanda pas di hari ulang tahun Sulung,
saya tentu merasakan.... ini peluang untuk melepas kangenku
jadi dengan sangat hati-hati, takut memberatkan Yeti....
saya uraikan keinginan saya,
bahwa saya ingin Yeti menjadi pengganti saya untuk merayakan ulang tahun Sulung yang pertama kali di Belanda
saya akan minta Sulung dateng ke Nijmegen
dan nanti Yeti akan mentraktirnya, dengan cake kecil dan lilin
lalu tiup lilin dan minta Yeti peluk dia, pengganti kami yang di Indonesia

oooaaaalah, Yeti nya bersedia
jadi
saya hubungi Sulung untuk ketemu tante Yeti di Nijmegen
saya nminta dia ambil kado dari Indonesia, daaaaan ......
jawabannya addaaalllahhh...
"Waduh Nijmegen jauh ibu....
mana aku ada acara arisan bu di kota lain tanggal itu,
lain waktu aja ambilnya"
nah lo...
(lagian arisan??? kayak emak2 aja...)

gak kurang akal,
kebetulan sudah berteman dengan temannya si Sulung -Nila Fariza Azilia Patty-
dan kebetulan mantan muridku -Gabriella Sebastiani Darmasaputra / Gaby- ada juga di Nijemegen
jadi saya hubungi mereka

berdiri : paling kiri si Sulung, ke6 dari kiri GABY, ke7 dari kiri NILA
saya minta tolong, ngerayuin -percaya bagaimana kreativitas mereka-
agar si Sulung mau ke Nijmegen ketemu Yeti
jawaban Gaby dan Nila begini  "Oke bisaaaa banget...."

beres kalau gitu..

gak berapa lama saya memberikan instruksi yang lebih konkrit lagi ke anakku ,
tegasnya ini adalah "Perintah"  :
"Ambil kering tempe buatan eyang untuk ibu kos mu, harus tanggal 29 Januari, biar makanannya gak basi... eyang ti dan eyang kung juga akan bawain kado ultahmu... jadi sekalian aja diambil, jangan ditunda harinya..... soalnya tante Yeti nya kan kuliah... nanti susah lagi nentuin waktunya, ya... bisa?"
hehehe,,, ternyata Nila dan Gaby sudah menjalankan trik-triknnya dengan jitu
sehingga anakku pun menjawab "Bisaaaa"

aman...

eh ternyata saat bersamaan,
ada ide lain dari temen2nya mau buat surprised party
Ide datang setahuku dari  teman dekat dan sahabatnya si Sulung,
dari Fyoza (kuliah di Universitas Parahyangan, Bandung)
dan Dityo (kuliah di The Hague, Den Haag)
mendadak ada mesej yang meminta kiriman foto sekeluarga
memegang kertas tulisan Happy Birthday
nanti foto itu bersama foto lainnya akan dikirim ke Enschede oleh Dityo
wuaaahhhh.... hebat bener ide nya

hhmmm.. (berpikir)... dikirim ke Enschede???
Dityo mau ke Enschede??? hari ultah anakku???
hhhmmm ada yang gak pas niy...
Nah...
dalam hati saya harus berpikir...
kan mereka tidak tahu kalau Sulungku itu pada hari ultahnya menuju Nijmegen ke rumah Yeti

adrenalin menjadi terpacu dalam situasi yang mepet
ini akan kacau kalau tidak diatur lebih rapi...

Pertama :
masalah fotonya dulu
saya mintakan orangtuaku dan adik2ku dan seluruh anggora keluarganya turut serta mengirimkan foto
jadi suatu malam di bulan Januari itu, keluarga besar Ig. Soenarto sibuk berfoto ria... demi si Sulung
bener2 sibuk,
saya kirim instruksi, malam itu harap semua mengumpulkan seluruh anggota keluarga,
harus berfoto dengan kriteria yang Dityo dan Fyaoza berikan,
lalu kirim hasilnya ke saya
dan saya kirim lagi ke Fyoza
sepertinya tidak simpel ya... tapi menyenangkan deh dijalankannya
gedubrag'kan....
(emang mudah gitu meminta suami saya yang terkantuk-kantuk foto keluarga bersama??? hedeeewww...*tepok jidat*)

Kedua :
membuka jalur konfrensi di inbox facebook
antara saya, Nila, Gaby, Fyoza, Dityo dan Yeti
diamprokkin dah tu bareng...
saya di Bekasi, Yeti di Jakarta, Fyoza di Bandung, Dityo di Den Haag, Nila dan Gaby di Nijmegen
berasa perundingan internasional aja kita....

syukurlah...
semuanya bisa in line, untuk satu rencana

dimulai tanggal 28 Januari 2012,
saya mengantarkan barang2 titipan untuk si Sulung,
rendang, kering tempe, buku-buku matematika dan fisika dalam bahasa Indonesia
(secara anak IPS gitu ya dan masuk Teknik Elektro... ya bagaimana gitu ya... hehehe puyeng juga kali dia di Fisika sama Matematika),
maka saya dan suami saya membawakan juga batik untuk prof Ruud van Damme dosen pembimbing akademiknya yang selama ini menyemangatinya untuk bisa bertahan di mata kuliah Matematika
(nilainya 4 melulu ya biar di remed berulang kali, hehehe.....
gak papa le, maju terus pantang mundur sudah kadung masuk Twente ya dijabanin susah senangnya...)
hari itu ada demo buruh yang menduduki jalan tol Cikampek....
dan macetnya mengular kemana-mana
membuat saya sampai rumah menjadi sangat malam...
akibatnya lagi, baru pk 23.00 malam saya dan suami mengantarkan barang ke rumah Yeti
mana belum pernah ke situ...
sudah diduga... berulang kali salah jalan
ngantuk pula...
hedeeh dibela-belain nian yak...

Yeti nya as usual... super duper ramah,
walau juga baru selesai mandi dan pulang kemaleman karena harus mengolah data disertasinya
kita fine-fine saja melakuan pembicaraan... hehehe... sampai hampir tengah malam...
ini bukti kita semua sayang pada Sulung dan juga menghormati rencana kawula muda di sana...

perkenalkan ini Yeti, wali nya si Sulung :p
Yet... foto ini sudah saya cropping ya, kita jadi gak keliatan gendut kan?
saya doakan biar cepet selesai kuliahnya,
cepat dapet PhD nya di bidang Psikologi Sosial ya Yet...
Siapa sih Cicilia Yeti Prawasti itu????
Yeti itu teman SMA saya...
dia Ketua Ekskur Palang Merah Remaja,
saya Ketua sie Majalah OSIS merangkap Ketua Dewan Redaksi majalah Starpura;
terus begitu lulus.... saya ke UNPAD dia ke UI, sama-sama ambil Psikologi...
saya jurusan Perkembangan lalu meneruskan ke Industri Organisasi,
dan dia tetap setia di jalur Sosial....
sudah lama tidak bertemu dia...
lho kok sekarang???? kenapa ketemu lagi dengan dia...???
karena sekarang saya bekerja sebagai konselor di sekolah dimana ada anak bungsunya Yeti sebagai murid ku
begitu latar belakang persahabatan kita...

jadi the D-Day...
sambil di sambi baking cupcake untuk si Tengah yang juga berulang tahun,
tangan yang satu ngurusi tepung terigu, tangan yang satu nge text di blackberry, tangan yang satu di komputer untuk menatap perubahan di facebook dan mengetik jawabannya
(hedeeew Yeti, punya blackberry napa... here gene geto lho...)
tangan yang satu????
lho berapa tangannya sih... qiqiqiii...

yang Dityo bilang belum ke rumah Yeti, lagi di Centrum Nijmegen dengan anak-anak Canisian yang lain
dan gak tahu apa Yeti sudah mendarat atau belum
yang Nila masih terhambat di Arnheim, ketinggalan kereta jadi masih di sana
yang Gaby makan dulu di Burger King karena kedinginan menuju rumah Yeti
yang Yeti ternyata sudah manggil-manggil di facebook bilang kalau sudah menunggu di rumah....
yang saya dan Oza.... mengheningkan cipta saja di Indonesia agar semuanya berjalan lancar dan mulus....
hhhmmm.... lucu deh kalau cerita ini di film-in
banyak kegiatan, terpisah benua dan samudra,
terpisah warna langit... di sini gelap di sana terang,
terpisah bio ritme hidup di sini terkantuk-kantuk di sana berbinar-binar
semua untuk si Sulung
(kata Gabby "Tenang... tersangkanya sedang ke gereja dengan Didit...")

berikut ini, reportase Yeti...

Sulung mu gak nyangka sama sekali,
kelihatan kalo dia terpaku
jadi waktu itu lampu dimatiin,
lalu ketika bel berdering, hanya aku yang keluar,
lalu aku minta dia dan Didit masuk
begitu masuk teman-temannya langsung bernyanyi
sambil membawa cake yang banyak lilinnya,
jadi cuma ada cahaya lilin
lalu lilin ditiup
wah seru deh pokoknya

berikut ini, foto kiriman Nila...
tulisan yang menyertai fotonya adalah "Sukses"
(maksudnmya sukses bikin dia terpaku ternganga-nganga)

"Sukses"
tidak berapa lama, Nila mengirim text message lagi
"Dia terharu banget te..."
dengan foto berikut ini yang tulisannya "Ekspresi terharu"

Ekspresi terharu
lalu, berikut reportase Nila
Nangis dia.... Nangis terharu dan bahagia.... Tadinya kaget.. terus terhuyung-huyung... untung saya tahan badannya..... Kayaknya malam ini dia bakal bahagia banget deh te... Kita sudah prepare, supaya dia gak bengong pulangnya, ini ada juga 3 orang dari Enschede... cowok semua biar bisa ngawal dia
saya yang di Bekasi sini, hanya bertukar cerita dengan Fyoza yang di Bandung
Dityo rajin mengirimkan reportase kepadanya
kita berdua saling bertukar kabar dan keseruan yang terjadi di Nijmegen sana
(hedeeeew suamiku malah ngorok,
tapi ya kalau dia melek malah ribet nanti saya
dia suka lemot...
nanti saya sudah menangis, dia tanya "kenapa gitu aja nangis?" halah.. yang gak penting-penting ditanya... ganggu aja... hehehe, untungnya malam ini saya hayati sendirian.... jadi rasanya makin dekat saja ke Nijmegen, semua yang terjadi jadi milik saya sendiri saat itu... siapa suruh mudah tertidur, qiqiqiiii...)

jadi begitu Fyoza bilang, "Ibu saya sudah up load videonya di You Tube silakan dilihat"
bisa ditebak... mengalirlah air mata ini
lebay sangat... menetes dengan deras...
bahagia, bangga dan kangen...

bahagia untuknya yang berulangtahun pertama jauh (jauh bener) dari rumah
bangga dengan berkah sahabat dan orang yang sayang, yang care padanya
kangen pengen memeluknya

saya bersyukur untuk hari dimana saya mengalami semua kemeriahan ini dari jauh
saya bersyukur ada facebook
saya bersyukur ada blackberry
saya bersyukur karena adanya sahabat
saya bersyukur karena ada kasih sayang

terima kasih Tuhan, Kau mau menjadi EOnya...

depan ki-ka : Adrian Diaz, Melly Cahya Setyawati, Bella Acinom, Ignasius Yordan Nugraha
tengah ki-ka : Benedictus Radityo Pradhana, Erika Dita Tandirau, Carlin Elina Hatumessen,  Gabriella Sebastiani Darmasaputra, A. Indri Kurniaty Sofyan, Priya Taufiq
berdiri pojok kiri : Bobby Prabowo Sulistyo
duduk di belakang : Dinie, Yeti
pojok kanan dari ki-ka : Sulungku, Stanley Maximillan, Rizky Sarakhsi Lasabuda, Nila Fariza Azilia Patty, Muhammad Faiz Irsyad Oegroseno, Iqbal Sarasin
photo taken by  :  Aditya Agung (Didit)

yang motret tadi gantian terpampang sekarang,
lihat tampilan berikutnya...

ini Sulung ku dengan Dityo yang dulu aku tengok apartemennya di Den Haag,

Jadi deh ini lagu pasti berasa banget untuk Sulung ku.... 
makna liriknya oke juga
tapi yang bikin nonjok adalah... ini lagu yang bikin dia inget bahwa dalam sehari dia bisa nangis haru berkali-kali... hehehehe....



1-2-1-2-3-4
PLAIN WHITE T'S

GIVE ME MORE LOVING THAN I'VE EVER HAD
MAKE ME BETTER WHEN I'M FEELING SAD
TELL ME THAT I'M SPECIAL EVEN WHEN I KNOW I'M NOT
MAKE ME FEEL GOOD WHEN I HURT SO BAD
BARELY GETTING MAD
I'M SO GLAD I FOUND YOU
I LOVE BEING AROUND YOU

YOU MAKE IT EASY
IT'S AS EASY AS 1-2-1-2-3-4

THERE'S ONLY 1 THING 2 DO 3 WORDS 4 YOU
I LOVE YOU
THERE'S ONLY 1 WAY 2 SAY THOSE  3 WORDS THERE'S WHAT I'LL TO DO
I LOVE YOU

GIVE ME MORE LOVING FROM THE VERY START
PIECE ME BACK TOGETHER WHEN I FALL APART
TELL ME THINGS YOU NEVER EVEN TELL YOUR CLOSEST FRIENDS 
MAKE ME FEEL GOOD WHEN I HURT SO BAD
YOU'RE THE BEST THAT I'VE HAD
AND I'M SO GLAD I FOUND YOU
I LOVE BEING AROUND YOU

YOU MAKE IT EASY
IT'S AS EASY AS 1-2-1-2-3-4

THERE'S ONLY 1 THING 2 DO 3 WORDS 4 YOU
I LOVE YOU
THERE'S ONLY 1 WAY 2 SAY THOSE  3 WORDS THATS WHAT I'LL TO DO
I LOVE YOU
I LOVE YOU

YOU MAKE IT EASY
IT'S AS EASY AS 1-2-1-2-3-4

THERE'S ONLY 1 THING 2 DO 3 WORDS 4 YOU
I LOVE YOU
THERE'S ONLY 1 WAY 2 SAY THOSE  3 WORDS THATS WHAT I'LL TO DO
I LOVE YOU
I LOVE YOU

1-2-3-4
I LOVE YOU
I LOVE YOU

saya belajar banyak dari anak-anak muda ini....
niatnya, semangatnya, kasih sayangnya, perhatiannya, ketulusannya, kreativitasnya, ketenangannya,
dan KEDEWASAANNYA...





4 comments:

  1. surprisednya keren!!! happy birthday mikael :)

    ReplyDelete
  2. terima kasih ya yen....
    nanti disampein salamnya untuk mikel

    ReplyDelete
  3. bahagia & terharu sekali berkesempatan membacanya,..happy b'day mikael,semoga sukes dan selalu happy bersama sahabat di sana ya..

    ReplyDelete
  4. terim akasih ya ibu...
    bisa disempatkan mengunjungi blog saya
    penghargaan untuk saya
    salam dan doa ibu saya sampaikan pada mikel
    semoga menyemangati usaha dia untuk bertahan dan berprestasi di sana ya bu....
    semoga ditiru mbak anin nanti... dilebihi malah sama anin ya

    ReplyDelete