08 January 2013

(Lagi) dengan Teman Dunia Maya.... BALI


Beruntung bisa berteman dengan mereka teman-teman bakulers
Ibu-ibu yang berjualan melalui toko on-line nya
Sofie Minawati, Emma Isti, Jane Sipasulta-Saptenno, Ienas Tsuroiya, Angela Mulianie Tombokan, Lina Hidayat, Mira G. Lestari, Atiek Arief dan  Dessy Indriani


Oiya... satu lagi bakulers Bali yang bergabung waktu itu, namanya Peni Lestari.... karena kesibukannya dengan putra-putranya Peni baru hadir saat makan malam di Jimbaran.... tapi jangan khawatir, karena yang menjadi penjaga kami selama perjalanan di Bali adalah suaminya pak Jack

ini Peni :


dan ini suaminya Peni, Laki-laki di sarang bakulers....


Jelas bertemu mereka,
saya serap ilmu kekuatan sakti mereka
tips dan trik menangani cake atau masakan,
menangani customer atau supplier
cara mengatur asisten
sampai cara mengatur keuangan
dan mengatur suami dan anak.... hehehe....

Menurut saya.... mereka semua berdedikasi
karena itu yang dipakai untuk bertahan survive dalam bisnis mereka ...

Tahun ini saya mulai merasakan,
customer saya bukan lingkup saudara dan teman
tapi sudah kepada mereka yang saya tidak kenal
bayangkan.... saya sendiri suka menganga menghayati perjalanan toko on line saya ini...
kok bisa ya kenalannya tidak tetangga dan saudara dekat lagi?
tentu hal ini disertai juga dengan taggung jawab yang lebih bukan?



kalau sama saudara... minta bolu kukus mekar tersenyum ceria,
jadinya bolu kukus manyun sakit gigi pipi bengkak sana sini alias bantat....
saya masih bisa minta pengertian mereka, masih bisa tralala trilili gitu deh
nah coba kalau orang yang tidak dikenal....
kecewa dikit terus saya harus ndredeg deh denger complaint nya, mulesnya perut bisa 3 hari 3 malam
bisa melebihi sakitnya kalau mau melahirkan normal itu, pelan-pelan. lama dan menusuk rasanya...
sakiiit banget kadang kalau saya nya gak siap denger keluhan customer

saya kan gak selalu bisa mendapatkan customer yang pengerian banget sama saya seperti saat saya merusakkan cake pas di halaman rumah customernya itu kan?
atau saat figurine cake nya nyungslep akibat kurir salah packing?
nah kalau itu customernya pengertiaaan banget...

bayangkan ya... saya itu itungannya baru aja berkarya di bidang ini....
kekacauan sudah ada juga dalam menjalankannya
kalau, teman-teman saya ini kan jauh di atas saya jam terbangnya,
tentu jatuh bangunnya juga lebih banyak...
mereka jauuuuh lebih sakti
lebih senior dalam dunia bakulers ....
mereka inspirasi saya....
kalau tidak berdedikasi... pasti udah ke laut aja dari kemarenan...

maka saya pun bersyukur ada diantara mereka yang berdedikasi
berkah banget....

kalau jalan bareng mereka, apakah terbebas dari membicarakan tepung, dan segala rupa masak memasak dan memanggang.... oh tidak mungkin....
sudah melekat rupanya...

di dalam mobil, saya dan dua teman kebetulan duduk paling belakang,
waktu mobil cukup cepat melintasi polisi tidur
berlompatanlah kami di belakang
"heloooowww... dipikir ada karung tepung ya di sini..."
bukannya kasihan sama kami bertiga...
mereka malah membahasnya....
"iya... cakra, kunci dan segitiga biru ya.... protein nya beda-beda,
ada yang sedang, yang tinggi, ada yang rendah"
tertawalah kami.... hahahaha....
dasar bakulers dan tukang kue.... masih aja seputaran tepung ngomongnya, hehehe....

makanan pun dikomentari
saya juga puyeng denger mereka berbicara
sambal matah sama sambal dabu-dabu beda???
yeei meneketehe.... saya mikir sama-sama sambal aja
simpel lah pemikiran saya...
pemikiran seseorang yang gak tahan pedes

selagi yang lain gegap gempita,
saya mah go back to basic aja... pesen nya tempe goreng
dengan tidak mencocolnya ke sambel nya... hehehe... pengecut...


saya tenang mendayu-dayu menikmati makanan tanpa cabe...
mereka membahas hal lain lagi....
urap sama lawar sama???
haduh gak tau deh saya,
eh ..... ada lagi, mereka bicarain srombotan...
apa lagi tu?
hedeew... itu sangat memberatkan otak saya
malas mikir, malas nanya... terserah merekalah... hehehe...

klepon aja di bahas...
dari kekenyalannya lah...
kinca nya dari gula jawa biasa lah
kinca diberi nangka lah...
hhhmmm.... saya salut sama energi mereka...
bisa-bisanya dibahas, sedangkan saya tinggal lep...
udah seneng aja kalau makan klepon ada yang meleleh kluar dan itu manis manis gitu rasanya...
simpel aja deh pemikiran saya...
kalau lidah saya suka, itu artinya enak...


maka saya senang sekali berteman dengan mereka
memaksa lidah saya bertualang...
terutama untuk hal pedas

ala mak... baru kali ini seluruh mulut saya terbakar
saya berhasil dengan sukses menghindar dari rasa malu dan pengsan ketika di nasi pedas Bu Andika (saya tulis ceritanya di sini),
tetapi jebakan batman mereka terlalu banyak.... sulit dihindari,

terjadilah....

saat mereka mengajak saya makan sate di Mertasari Klungkung


huah huah.. air mulai menetes di sekujur badan
keringat bercucuran, menggelinding keluar dari pori-pori
hidung berair
bibir rasanya bengkak gak keruan
mata ingin menangis
pedes nya mohon ampun seribu ampun deh...
satu tusuk sate.... SATU....
itu akibat satu tusuk sate....
rasanya sate saya kok tidak habis habis ya
nelen aja susah...
depresi deh saya, jadi malah buat saya nekat ... gak peduli seluruh anggota dan bagian badan sudah memberi alarm untuk menyerah...
saya telen saja sate itu, eh malah coba lagi yang lain sate lilit atau pepes sate...yang pedes juga,
pengen kayak temen2 yang asyik banget... mereka malah nambah lagi... pesen lagi, puluhan tusuk...
hedeeew berat nian hidup saya....

bandingkan dengan mereka... berebut seperti anak kecil berebut mainan
cepat sekali sate di tangan mereka habis
tinggal lep (seperti saya makan klepon tadi, gak mikir)
sambal matah dicari
diambil banyak-banyak
kalau perlu tambah cabe rawit...
itu juga tidak berasa pedes kata mereka...


mari kita ulas perilaku teman-teman saya ketika berhubungan dengan sambal dan kepedesan
lihat foto berikut ini...
betapa fokus dan penuh pengharapannya mereka... :)

mohon perhatikan, itu tangannya Mira

lihat tatapan bahagianya
rasanya dilangit ke tujuh ya.... berbinar-binar sekali

sekali lagi, mohon perhatikan itu tangannya Mira

lalu bagaimana strategi saya menghadapi jebakan batman mereka?
ya harus strategis hehehe....
kalau mereka pesan ayam taliwang dengan plecing
saya cukup bebek bacem
kadang hidup juga perlu untuk tahu diri
dengan mereka saya tahu duri hihihiiii... duri? :)

Kalau pose, potret-potret....
jangan diragukan
pasti dilakukan dengan senang hati dan gembira hati
tentu harus ada laut,
Bali gitu....

terus harus ada pura,
Bali geto lho....

ini waktu sudah mepet, besok sudah mau pulang
tapi pura belum ditemukan untuk berpose
di sepanjang jalan pulang, kita mencari spot yang indah

dapet deh...

ini dimana?
ya di Bali dong ya...  hehehe...tapi kota mana???
gak tau... impulsif meloncat dari mobil..... dan pose....
ya gitu deh... sembari lewat soalnya.... setelah Ubud deh, hihiiii...

ke Bali tanpa belanja belanji ya kurang afdol
maka pada sesi belanja belanji... kembali lah pada takdirnya...
rencana mau hanya beli kaos, yang dibeli bisa gelang, kalung, topi, daster, tas
juga bisa jadi kacang koro... hehehehe....



rencana hanya memberikan oleh-oleh untuk suami dan anak-anak,
menjadi wajah ipar di pelupuk mata, keponakan juga... temen kantor juga... semua jadi penting....
biasa lah itu...
sindrom merembet namanya
merembet kemana-mana.... semua penting, semua wajah saudara kenalan menjadi memelas
koper beranak... bercucu juga mungkin, hehehe.....
sampai perlu serius ngaturnya masuk mobil saat pulang


mereka ribut gak?
oooh tentu...
namanya juga ibu-ibu...
ribut itu pilihan yang masuk akal...
dan dengan senang hati mereka berbicara satu sama lain, dari sana ke sini
segala masalah bisa dibicarakan, dan rame...
ribut....

selalu ribut? selalu rame kah mereka?
tidak selalu
tapi saya menandai... ada keheningan yang ada diantara mereka...

yang jelas, hening dan cantik, saat menuju bandara pada hari terakhir

hening karena.... sudah bermeditasi selama liburan ini, mungkin berencana nabung lagi,
mungkin berpikir ada yang belum dibelikan oleh-oleh tetapi waktu terbatas....
cantik karena.... sudah di charge
Bali memang membuat orang tambah cantik ....

ini foto teman-teman saya dalam keadaan hening cantik dalam perjalanan ke bandara


tapi ada hening yang lain
nah hening yang lain adalah terutama hening karena kekenyangan,
ini perjalanan menuju hotel

peace everybody........ peace......
membuat tidur  5 orang adalah pekerjaan yang ringan untuk Nana The Nanny

menyenangkan sekali jalan bareng mereka

terima kasih teman sekamar saya,
mbak Atiek Arief yang sumpe deh, awet muda banget
juga mbak Ienas, yang sumpe deh, emang masih masih muda
terimakasih sudah menginspirasi saya dalam bekerja, baking, menghadapi customer, sampai mengatur rumah tangga.....


baru kali ini suami saya menyempatkan nulis pesan "Sudah, nikmati saja liburannya ya"
biasanya diem... tidak peduli....
siapa akan bilang adil kalau saya seneng-seneng di Bali,
suami tetep kerja plus jagain anak-anak
tapi karena dengan teman2 bakulers ini... keluarga beda, ikut seneng
mungkin liyat hasilnya setelah saya ikut bersama mereka juga waktu itu ke Bandung kali ya...
keliyatan hepi saya nya...
mereka juga ikut seneng kalau istri atau emak nya seneng

tapi...
keadaan ini harus dicermati,
perlu taktis... perlu dibelikan oleh-oleh yang signifikan
jadi untuk suami saya yang suka pedas
saya belikan ayam betutu... belinya mepet, di bandara...
saya tambahkan sate lilit....
selama dengan teman-teman,
melihat bahagianya mereka makan pedas
menyadarkan saya betapa menderitanya suami saya
menikah dengan orang yang tidak suka pedas sama sekali
bertahun-tahun bertahan tanpa keluhan melihat masakan di rumah hanya menyenangkan saya dan anak-anak
tapi tidak menyenangkan dirinya karena tidak ada sambal nya hehehe...


baiklah saya belikan masakan yang pedas amat sangat....
semoga dilain kesempatan diberi ijin untuk liburan bareng dengan teman-teman bakulers lagi, hhihiii....

ini buktinya,
hehehe...

sampai gak mandi, pulang kantor langsung makan
dan mirip teman-teman saya, lahapnya amat sangat....
syukurlah.... anda terjebak mas :)
saya berharap ijin mudah dikeluarkan untuk acara berikutnya hehehe...

see you Bali...



No comments:

Post a Comment