24 July 2013

Tedjowati


Tedjowati sekarang bekerja di PT Kereta Api Indonesia
teman saya satu angkatan,


sudah dari dulu jaman kuliah,
Teti itu tutur bahasanya halus,
lain bagai bumi dan langit perilakunya jika dibandingkan dengan saya :)

sewaktu ada acara pesta Emas Fakultas Psikologi Unpad,
2 Oktober 2011,
ditengah hingar bingar acara dan keceriaan para alumni bertemu,
Teti mengungkapkan pada saya jika dirinya sakit
parah...
dan dia bicarakan penyakitnya seolah sesuatu yang biasa saja
sedangkan saya berdegup kencang jantungnya mendengarkan runtutan uraiannya
haduuuuh Teti.....
selagi dia bercerita, saya tatap matanya
bening...
ikhlas....
saya hanya bisa memeluknya erat....



entah apa saya bisa setegar dia kalau berada di posisinya
ada tetes air mata ingin keluar dari mata saya setelah saya peluk dia
tetapi Teti tetap tenang
senyumnya menghibur saya...
ah kamu Tet... saya bisa buat apa untuk membantu kamu?
"Doakan saya kuat Yosi..."


Tahun berganti,
saya mendengar keadaanmu kurang baik
beberapa kali SMS tidak terbalas dalam waktu yang cepat
tetapi begitu dibalas, selalu Teti justru menghibur yang saya..
"Aku udah baikan kok Yos... Nanti saja kalau mau ketemu aku"

kami ingin menengok, tetapi terhadang waktu yang tidak tepat
selalu saja jadwal berobatmu dan jadwal kegiatan kami tidak pas
saya sendiri berjanji tidak akan memaksanya menerima kedatanganku
saya tahu bahwa kamu sedang berjuang...
percuma kalau saya datang malah membuatnya semakin berbeban berat

26 Mei 2013
kami berhasil bertemu
saya ke Bandung sesuai rencana
saya buatkan cupcake sesuai permintaannya

niat baik selalu diberkahiNya
saya melihat sebagai pengaturanNya,
ternyata Evy Rakryani teman dari Batam sedang berada di Jakarta
dan bersedia mengubah jadwal kepulangan, untuk menerima ajakan saya mengunjungi Teti
sesampainya di Bandung, kami ditemani lagi oleh Netty Nurahida yang memang sejak kuliah tinggal dan bekerja di sana
selama perjalanan ke rumah Teti, cerita nostalgia saat kuliah kembali muncul
Teti memang terhitung pendiam
dan tenang dalam bertindak


saya sangat terharu
ketika Teti semangat untuk minta dipotret bersama
semangatnya menunjukkan optimisme menghadapi situasi yang ada
minta pakai pashmina baru
berdandan untuk tampil baik karena amanahnya foto ini dishare kepada teman-teman lain
walau dengan selang oksigen dan tidak mudah untuk duduk tegak
dia suka berpose juga... hehehe... good for you Tet...
terima kasih sudah menginspirasi kami

dari ceritanya menghadapi penyakitnya...
dimana ia pada awalnya memilih pengobatan herbal, dan semangat serta tekun berobat di beberapa tempat
saya melihat semangat berjuangnya yang tinggi
dia pejuang
dan terlihat kalau support dari keluarga sangat positif
pertimbangan pengambilan keputusan yang dibuat selalu dibicarakan dengan keluarga,
terutama dengan suaminya
tak kenal lelah mas Fathoni menemani Teti berobat
mengetahui betul detil perkembangan kemajuan kesehatan Teti

keluarga dan supportnya adalah obat juga untuk kemajuan kesembuhan
saya sangat terinspirasi dengan mereka


terima kasih ya mas Thoni, mau menjaga teman saya Teti
saya akan ingat tatapan kasih diantara kalian berdua
semoga menginspirasi kehidupan pernikahan saya dan juga teman yang lain
lulus ujian untuk setia dalam suka dan duka...

get well soon Teti,
cepat pulih dan sehat kembali


 senang melihat keesokan paginya, Teti mengirim foto ini ke saya,



ikut bahagia rasanya kalau kamu meminta foto ini juga di share,
sehingga saya tahu kamu masih berjuang dengan segenap tenaga dan hati
sehingga saya tahu ada kemajuan yang kamu dapatkan Tet...

ini kesaksian teman saya Susy Yantriwi,
yang menengoknya di rumah sakit dan bercerita tentang kejadian lucu dan mengharukan.


Teti kan harus sering nelatih tangan kirinya yang ada jarum infusnya, supaya tidak kaku.  latihannya degan meremas-remas balon kecil isi air. Pas kemarin minta ditunjukkan diperagakan caranya, ternyta balonnya pecah,,,  Airnya tumpah semua ke perut sampai gobyos, basah sampai ke ranjangnya.  kita berdua kaget, terus keketawaan.
balon yang pecah
dan yang membuat haru dan bahagia adalah Teti bilang "Suuusss penyakitnya pecah!! Aku sembuh nih" (bolak balik bilang begitu sambil ngelap baju basahnya 
itu membahagiakan karena Teti punya afirmasi sedemikian rupa
semangatnya yang tinggi dapat membantunya bertahan dan pulih kembali


ayo Teti... terus berjuang ya
doaku seperti pintamu semoga kamu tetap kuat...

7 comments:

  1. subhanallah..indah sekali..
    sampai terharu menitikkan air mata membacanya

    terima kasih pipin..
    hatimu memang malaikat
    penuh sayang kepada kawan

    terima kasih teti
    perjalanan hidupmu bisa menjadi inspirasi teman-teman yang lain
    darimu kami teman-temanmu belajar
    betapa cinta sejati jadi bernilai emas
    manakala mampu bertahan pada saat diuji
    dalam berbagai kesulitan yang seolah tak berujung

    terima kasih ya Allah
    sudah menghadirkan teman-teman sebaik mereka dalam hidupku
    alhamdulillah.. wasyukurillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga Teti terus bertahan
      karena teman seperti kamu Vy banyak disekelilingnya...

      terima kasih sudah mau mampir dan membaca catatanku

      Delete
  2. Selama hayat dikandung badan, harap pasti masih ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih penguatannya pada asa untuk
      Tety

      Delete
  3. Saya temennya bu tedjo di komunitas pejuang kanker...tulisan mba yosephine mengobati kamgen kami dg beliau...kami kehilangan kontak dg bu tedjo...teman2 komunitas juga kehilangan kontak...bbm tdk aktif kontak ke hp juga gak aktif...kalau mba yosephine afa kabat ttg beliau mohon kiranya untuk kirim ke email saya,sampaikan salam kami untuk beliau...kangeeeen dg bu tedjo...semoga bu tedjo senantiasa diberkahi Allah aamiin...

    ReplyDelete
  4. Mba yosephine...trimakasih tulisannya mengobati kerinduan saya dg bu tedjo...saya temen sesama pejuang ...komunitas pejuang kanker yg ketemu di tempat terapi...mohon jika ada kabar ttg beliau bisa share ke email saya...saya dan teman2 pejuang kehilangan kontak dg beliau...bbm tdk aktif hp juga tdk aktif...mohon sampaikan salam kpd beliau...doa kami semoga bu tedjo senantiasa diberkahi aamiin aamiin yra

    ReplyDelete
    Replies
    1. dear ibu Ulfa
      terima kasih ibu sudah mampir ke blog saya
      sekarang Teti teman saya sedang berjuang untuk kesembuhannya di RSHS
      sudah hampir 2 minggu di sana, sekarang di HCU
      mohon doanya ya bu
      saya sudah berkan no telp mas Fathoni melalui email ke ibu, semoga ibu bisa mendapat kabar yang lebih up-date lagi dari mas Thoni....

      doanya ya bu untuk Teti

      Delete