15 September 2012

Tarakanaga Reuni Emas 50 tahun Tarakanita I

Sebuah permenungan saya....... momen menyenangkan.....

15 September 2012

Saya alumni Tarakanita I Pulo Raya,
hari ini acara puncak Pesta Emas nya.....



selalu deh,
setiap reunian..... energi besar ada di diri saya
rasanya saya kembali ke masa yang lalu itu
dengan segala kebahagiaan dan keceriaannya
saya merasa muda.....



kali ini... reuni kali ini
saya sadar umur... sejak pertama masuk,
di meja tiket....
begitu tandatangan di absen,
"setelah ini tante ke situ dicatat,
lalu tante dapet goodie bag, tante dapet voucher konsumsi dan nanti tante di cap tangannya"
oooaaaallllaaaa.... tante.....

kalau dulu-dulu merasa masih perlu melihat siapa teman-teman yang terlihat lebih muda, lebih langsing
sekarang....
entah kenapa, saya sudah menerima keadaan
kalau lihat angkatan yang lebih senior.... saya bukannya merasa "untung gue lebih muda dari mereka" tapi saya merasa senang "hebat bener mereka.... seusia mereka masih punya semangat dan dinamis"
salut bener sama mereka

saya menikmati betul suasana reunian....

ya...
reuni selalu mengingatkan saya pada 'akar' saya
dalam perjalanan hidup saya
merekalah yang membentuk saya menjadi seperti yang sekarang ini...

mereka inspirasi saya,
guru....


Pak Srie
ini Pak Srie, guru Bahasa Indonesia saya....
yang saya suka pandangi dari jauh kalau di kelas
(ya eyalah... dari jauh secara saya tidak pernah duduk bangku baris paling depan)
yang saya ingat.....
Pak Srie kalau duduk di meja guru, tidak menyender kursi,
tegak punggung nya....
saya pernah mikir dulu..... "heran... apa gak capek dia duduk kaku gitu ya?"
kenangan saya adalah....
suasana hari-hari terakhir di kelas 3 SMA,
pelajaran sudah selesai... tinggal menunggu ujian
jadi Pak Srie masuk juga memberi tugas sederhana....
sekedar mengisi waktu
dibagi per kelompok, dan diminta menentukan mana kata yang benar dari pasangan-pasangan yang ada
ada 10 pasang kata....
nah tugas itu lah yang membuat saya ingat,
kalau yang betul adalah APOTEK bukan APOTIK... AKUNTANSI bukan AKUTANSI
dan itu mikirnya saya sungguh-sungguh, rasanya tugasnya sepele tapi sangat membingungkan...
tanpa saya sadari, waktu itu adalah momen signifikan dalam hidup saya untuk bersikap detil

bapak mungkin tidak sadar....
saya juga tidak sadar.... tapi saya sangat menghayati momen saat bapak beri tugas itu pak
bahwa 'memperhatikan' itu mengasyikkan... detil itu indah.... heehehehe...
jangan salahkan saya ya suamiku kalau detil detil kecil diomongin dan kita bisa bertengkar...
salahkan Pak Srie.... hahahaha...
peace pak Srie....
bapak ganteng pak tadi.... manglingi.... haaiiiyaaa... :)



yang lain lagi...
mereka inspirasi saya,
teman satu almamater yang satu almamater lagi....



ini Judhi Kristantini dan Esti Tristiana
kalau biasanya banyak yang masuk fakultas Psikologi di UI,
kita bertiga termasuk dinosaurus.... langka....
kita bertiga Psikolog lulusan Universitas Padjadjaran
saya dapet buku-buku turunan dan fotokopian catetan dari Judhi...
bangga sekali rasanya waktu Judhi datang ke tempat kost saya...
melihat tempat saya tinggal sekalian memberikan buku-buku
rasanya aman dan nyaman.... ada senior yang mendampingi saya di tempat yang baru, kota baru, teman-teman baru, adat dan kebiasaan baru.... saya tidak sendiri....

ini saya dan Judhi mewakili Fakultas untuk Kemah Kerja Universitas,


Judhi depan jaket kuning,  saya-Pipin- depan jaket merah

dan saya juga sayang dengan Esti, adik kelas dan adik angkatan saya....
saya juga pernah ke tempat kos nya
entah karena alam bawah sadar saya meniru Judhi dulu atau apa...
tapi saya mengunjungi Esti, minjemin catetan kalau gak salah.....

waktu teman seangkatan saya ada yang naksir Esti.... ada rasa ingin melindungi adiknya
kalau ditanya informasi tentang Esti... saya males ngasihnya
kalau ditanya kok Esti gak kasih perhatian, saya jawabnya "udah lupain aja... cari yang lain"
hehehehe.... entah deh, tindakan saya itu, apakah termasuk menguntungkan atau malah merugikan Esti....

ini saya dengan Esti saat reuni emas Fakultas Psikologi Unpad tahun 2011,




sekarang tentang teman-teman seangkatan saya,
mereka inspirasi saya,
dengan disadari ataupun tidak...
teman-teman seangkatan ini membentuk saya....
yang jelas perasaan bahwa saya 'sekeluarga' dengan mereka kuat
tidak lagi membedakan ini IPA, IPS ataupun Bahasa...

ini teman-teman satu angkatan.....

ini Cicilia Primanita Sapanda,
temen waktu SD, dan waktu siaga - penggalang (pramuka) kita satu regu, juga satu Mudika
SMP pisah.... SMA ketemu lagi,
dan saya IPA, Prima IPS dan susah bertemu lagi..
padahal saa-sama kuliah di Bandung... itu juga gak bertemu....
ini, kali pertama pertemuan yang dekat....
after so many years left...

salam untuk tante Sapanda di rumah ya Prim...
semoga tante sehat selalu




ini dengan banyak teman yang lain...


Wiwien, Kristi, Evelyn, Dina, Dotty, Indra
Sandra, Nining, saya-Pipin-

belakang ki-ka : Nining, Wiwien, Riany, saya-Pipin-, Yanti, Ken, Ade, Dian
depan ki-ka : Arini. Tari
foto di atas, yang menunduk di barisan depan,
Rini Lestari, saya memanggilnya Tari
dulu satu kelas waktu kelas 1 SMA
kembali... saya terpisahkan jurusan.... Tari masuk IPS...
tapi ajaibnya... dia teman kursus masak di masa sekarang
beberapa kali kita bisa kursus bareng, setelah sekian lama tidak ketemu....
senengnya masak bareng Tari....
cekatan banget dia bekerja di dapur :)
dan mohon teman-teman, kalau ketemu Tari.... minta kue keringnya... Tari sangat termotivasi membuat kukis dan kue kering
oven tangkringnya baru, hehehe.....

ini foto saat Tari dan saya kursus buat Dim Sum dan Bakpao,


Berikutnya,
saya dan Nining Hernani....
kalau pergi kemana-mana, aman dekat Nining... pasti terdokumentasikan
dia selalu bawa kamera
bukan yang ecek-ecek kayak kamera digital saya
tapi yang berat, yang kumprehensip lah... ada AV, AT... lengkap
dan yang jelas, Nining tahu cara memakainya
*haduh kenapa saya lupa tanya Nining, bagaimana mencari flash di kamera saya




Saya punya momen khusus dengan Nining (ceritanya saya tuangkan di sini),
pengalaman yang untuk saya sangat mengharubiru
ketika saya membuatkan cupcake untuk pesta emas ulang tahun perkawinan kedua orang tuanya
yang respon bapak dan ibunya Nining sangat menggembirakan hati saya....
namun beberapa saat kemudian... bapak Soepena, ayahanda Nining sakit dan meninggal dunia....

itulah...
teman...
dengannya segala peristiwa mungkin terjadi....

berikut ini Nining dan Arini,
berusaha mencarikan angle yang terbaik untuk angkatan
agar foto dilatarbelakangi spanduk perjalanan 50 tahun SMA Tarakanita I, pas untuk kita
angka 80 nya mau di tengah-tengah...

Arini dan Nining sedang mencari spot yang tepat
agar angka 80 ada di tengah tengah foto
rencana yang hebat....
jadinya gini...

angka 80nya tertutup sedikiiiit....
hehehe.....
pokoknya kita bisa foto bareng deh...
panas banget ditengah lapangan, berdebu pula.... cuek lah.....

itu perempuan Tarakanita,
sabar tabah sederhana
gitu ya motonya....
kalau gak nguping kata sambutan Suster... saya lupa....

saya akui....
nilai-nilai yang diajarkan saat saya SMA dulu di Tarakanita I Pulo Raya ini...
banyak yang membentuk diri saya...
terutama nilai untuk bersungguh-sungguh berusaha...
SMA adalah masa dalam hidup dimana saya merasakan sebagai pekerja keras
belajar dan membuat tugas sampai tuntas
menjalaninya dengan ikhlas...
berangkat sekolah pagi, naik metro mini ganti naik patas,
pulang juga naik angkutan umum....
langsung mandi, tidur, bangun dan belajar serta buat tugas....
kadang dilakukan sampai pagi....
hanya tidur 2-3 jam.... meneruskan tidur lagi di metro mini, hehehe.....
hebatnya tidak pernah kelewatan.... saya selalu terjaga saat mau turun ganti bis....
tidak ada kesempatan pacaran.... sesuatu yang tidak saya sesali
(hahaha... terutama karena setelah itu bisa juga pacaran berulangkali sebelum menikah)
sehingga.... kuliah menjadi 'kurang berarti' lagi...
rasanya, waktu kuliah.... saya senang dan langsung paham apa yang dosen berikan,
masih juga saya salin coretannya menjadi catatan yang rapi....
yang rasanya..... rasanya lho ya....
hanya berbekal mendengarkan dan punya catatan rapi... mudah sekali waktu itu saya dapat nilai A atau B
karena waktu SMA sudah mulai terbentuk sikap untuk sungguh-sungguh dalam bekerja, totalitas....
sehingga waktu kuliah..... saya merasa tidak bekerja sekeras saat SMA

SMA Tarakanita I juga sedikit banyak menempa jiwa kepemimpinan saya,
saya beruntung bisa berkompetisi dengan teman-teman itu dan dipercaya menjadi ketua sie Majalah yang langsung akibatnya saya juga menjadi Ketua Redaksi Starpura,
saya punya staf redaksi... berarti belajar mengkoordinir banyak orang....

selain itu SMA Tarakanita I membentuk saya juga melalui ekstrakurikulernya
kalau saya ikut ekstra kurikuler Science dan GPA (Grup Pecinta Alam) menjadikan saya pemikir dan berjiwa bebas.... ya itu dampak sampingan positifnya....

terima kasih Tarakanita ku....






sudah menjadi kebiasaan saya,
sepulangnya dari reunian
pasti membawa saya kepada keremajaan
saya merasa gembira, ceria, centil.....
jangan heran kalau tingkah saya membuat anak gadis saya dan suami melongo....



begini kata hati mereka....
"kasihan ibu ku..."
"kasihan istri ku"
ih itu jepit terbuat dari bahan seragam luriknya Tarakanita lho....
bagus ya....
(jepitnya ya bu yang bagus.... yang makainya sih...... hhmm... no comment)

Sukses untuk Tarakanita I...

6 comments:

  1. adddduuuuuhhhh...pipin, aku sampe berkaca-kaca lho bacanya...kok masih inget siiihhh...yaolloooo...ya gitulaaaa the sisterhood of tarakanita. semuanya saudaraaaaa sampe kapanpun.

    aku juga gak pernah bisa berkata 'tidak' untuk Tarakanita, teramat khusus untuk drumband. apapun yang aku raih, salah satu yang terpenting adalah apa yang aku dapat dari Tarakanita. now, it's payback time. seneng banget ketemu kamu...tapi duuuuhhh..banyak banget yang aku gak sempet ketemu dan kangen-kangen karena sibuk ulang alik ngatur acara.

    terima kasih (tolong sampaikan ke temen2 lain) sudah hadir dan berpartisipasi di acara reuni emas kemarin hingga kita berhasil membukukan rekor MURI - bermain ular naga dengan peserta 967 perempuan. legaaaaaaa...setelah selama hampir setahun mempersiapkan ini.

    hari ini bisa makan normal kembali wuuuiiihh...dari jum'at pagi kemarin, bisa lho gak haus gak laper...fokus fokus fokus sama acara reuni dan khususnya pembukuan rekor.

    terima kasih ya pin..sudah berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. you are my inspiration Judh....
      masih gak tau, dimana kamu menyimpan sebegitu buanyuak energi... padahal secara fisik saya pikir kamu akan kewalahan
      dari dulu sampai sekarang.... dimata saya... kamu adalah bola bekel yang membal ke sana kemari tiada henti tanpa membuat capai dan lelah orang-orang di sekitarmu...

      sangat bersyukur...
      dalam perjalanan waktu saya pernah bersinggungan dengan perjalanan waktumu Judh....

      Delete
  2. Aduh mbak Judhi, maaf ya...ketemuan yang dekat belum kesampaian...yang jauh juga belum kesampaian. Untung ada Pipin nih yang berbagi kisah. Thanks ya Pin! Hehehe bener..bener...kudu minta resep energi sama mbak Judhi hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih retty mau mampir ke sini
      syukur kalau tuisanku bisa mengobati sedikit karena kemarin gak ikut kumpul....

      yes betul
      Judhi itu perlu didapuk untuk sharing... bagaimana dia menghasilkan dan memelihara energi nya yang besar itu...
      hebat bener Judhi itu....

      Delete
  3. mbak pipiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnn ya ampuuuun pangling! Tapi mukanya ngga berubah. Senaaaaaang sekali baca tulisan ini.
    Aku masih ingat Tari, kalau Nining kebetulan kakaknya blogger juga jadi saya tahu kabar-kabarnya hehehe. Dan ESTIIIII itu teman sebangkuku dulu tuh di IPA.....
    dan ya kita satu Science Club, nanti aku tag kayaknya ada satu foto bareng2 deh.
    SENANGGGG!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe... iya imelda kalau ada foto-foto kenangan masa lalu mau dong....
      jangan lupa kalau mmudik kabar-kabari...
      saya gak peduli istilahnya mel, runi atau kopi darat, hehehehe..
      pokoknya ketemu imelda.... :)

      Delete