12 October 2012

Bagaimana Perasaan Orang Tua Kalau Dipanggil Guru di Sekolah?


Ini SMS dari guru si Bungsu....



waktu saya terima SMS ini sedang di dalam mobil habis menjemput si Bungsu
jadi dia ada di sebelah saya

"Wah dik, dari bu Elly!  Ada apa ya dik?"

saya sibuk membaca SMS dan membalasnya...

si Bungsu mulai mengkeret....

ah kasian dia...



lalu saya bilang....

"Dik kamu hebat ya dik.... ibu gurunya perhatian banget"
Bungsu ku mulai tersenyum...
"Kalau mas sama mbak, ibu kenalan sama gurunya cuma kalau terima rapot....
kalau kamu....  pake ramah tamah dulu sebelum terima rapot...."
dia tahu maksud saya...
bukan dalam pikiran negatif, tapi positif.....
kami tertawa ngakak bersama.... hahahaha... hahaha....
dia bilang "Kalau mbak sama mas.... cuma ibu aja, atau bapak aja ya.... kalau aku pasti bapak dan ibu, hebat..."
kami saling melirik... lalu terbahak-bahak lagi... hahahaha... hahaha.....

"Iya ya bu.... ibu jadi afal guruku kan, dari TK A sampai kelas 5"
hehehe... iya...
saya peluk dia... rasanya terharu...
hatinya kok tulus sekali Bungsu ku ini

"Ibu doakan kamu jadi orang sukses ya dik"
dia jawab "Amiiiin"
"Nanti kalau sempet, kalau sudah sukses... ucapkan terima kasih ke gurumu,
semua guru.... mereka sabar sama kamu dik...."

Lalu mengalirlah pembicaraan tentang guru-gurunya,
waktu saya ingatkan untuk minta maaf sama ibu Angel... karena beliau yang dilempar sepatu waktu TK
"Aku kok lupa ya bu?"
kami ngakak lagi.....
"Aku harus ke ibu Siti.... aku pernah banting buku-buku ku di depannya, aku gak sopan.."
saya mengangguk....
"Aku juga minta maaf sama bu Neneng ya bu.. karena aku lari ke kamar mandi dan bu Neneng nemenin aku di sana"
saya pun mengangguk... setuju,
saya bilang besok kalau ketemu bu Elly, sampaikan kalau ibu nanti datang ketemu bu guru, dan mintalah maaf kalau membuat ibu guru repot
dan dia mengangguk....

saya peluk dia dihari kelahirannya

saya peluk saya ciumi lagi dia....
"Aku udah berkurang kan bu stresnya, ngambek marah-marahnya?"
iya.. itu karena kamu usaha.... dibantu orang-orang yang baik,
lalu dia menghapus air mata haru saya...
"Sudah ibu gak usah nangis"

ah... di tempat kerja saya...
sebagai Konselor saya juga memanggil orangtua murid
ya banyak orang tua  yang bilang ...
malu.... marah... jengkel....
"Jangan bikin mama/papa di panggil psikolog sekolah lagi !"
ya saya paham perasaan orang tua itu...
saya pun mengalaminya dengan Bungsu saya...
bukan malu atau marah atau jengkelnya... tapi yang lain....
asli... sampai sekarang kalau ada telpon dari sekolah... jantung saya berdegup
hedeeeh.... apa lagi ????

manusiawi... itu sangat manusiawi...

cerita dengan anak bungsu saya ini (dan juga dengan anak saya yang lain, baik si Sulung maupun si Tengah maupun murid-murid saya) menginspirasi saya untuk NEVER GIVE UP
apapun... sama anak, NEVER GIVE UP

biarkan jantung kita berdegup saat tahu pihak sekolah menghubungi kita
itu tandanya kita sayang
biarkan jantung kita lebih berdegup kencang ketika memulai pembicaraan dengan pihak sekolah
itu tandanya kita cinta
biarkan jantung kita sangat kencang berdegup ketika kita tahu ada yang dilakukan atau kurang dilakukan anak kita
itu tandanya kita masih orangtua yang bertanggungjawab

biarkan kita tatap matanya sebelum bicara pada anak kita
biarkan kita ingat masa depannya yang ceria sebelum bertindak apapun
ambil nafas panjang.....
jangan menyerah pada anak kita...
NEVER GIVE UP
mereka butuh dimengerti...
mereka butuh didampingi...
mereka butuh ditegur...
mereka butuh diarahkan...
mereka butuh ditemani...
mereka butuh dihargai...

apapun...
mereka butuh kita... dengan hati....
NEVER GIVE UP
jangan menyerah
kita lakukan sepenuh hati.... ya.. sepenuh hati....


1 comment:

  1. Awesome information..
    Keep writing and giving us an amazing information like this..

    BW gan kunjungi nyapnyap.com

    ReplyDelete