04 October 2011

Lift Parkir Mobil

Bapakku hebat. Umurnya 76 tahun, tapi masih nyetir mobil sendiri... di Jakarta lho....
Seperti hari ini, saya pikir saya yang akan mengantarkannya menjenguk atasannya dulu yang sedang sakit di rumah sakit.... saya pikir, saya yang menyetir mobilnya
ternyata, saya ditolak mentah-mentah.... apa boleh buat, saya duduk manis saja :p
walau saya sering menginjakkan kaki seolah saya yang mengerem,dan saya yang ribut kanan-kiri, kita sampai dengan selamat di RS Cipto Mangunkusumo



I am my father mojo....
hahahaha, menurut bapak, saya salah mengarahkan sehingga masuk ke area RSCM yang belum dikenalnya, banyak mobil, jalan sempit, sulit parkir....
ah tapi saya adalah jimat keberuntungannya (ciee...)
ternyata penuhnya lahan parkir di RSCM hari itu yang membuat bapak saya keder setengah mati malah mengarahkan kita pada pengalaman baru yang mencengangkan (wong ndeso... tercengang pada hal2 yg canggih-canggih.... qiqiqiiii...)
karena saya turun dan bertanya pada seorang sekuriti, kita diarahkan untuk parkir dengan lift...
hah?? jadi bagaimana pak sekuriti?
silakan masukkan ke garasi ini, turun dan tinggalkan mobil nanti mobil akan parkir sendiri, diangkat menggunakan lift
hah?? coba ulang pak... *tercengangsenangtakjubdankagum*
Hebat deh.
Masuk dengan moncong mobil ke dalam, pintu lalu tertutup....
eh waktu mau pulang, pintu terbuka.... tha taaaaa.... moncong mobil sudah berputar ke arah luar.... Whuuaaaa.... hebad hebad...
Gedung parkir Kencana namanya.
(sama dengan nama rumah sakitnya RSCM Kencana)
Catat : GEDUNG ya bukan lapangan....
Wuih asyik bener... dari luar gak keliatan kayak tempat parkir, kirain gedung perkantoran atau salah satu gedung untuk rawat inap...
Bener2 salut sama ilmu pengetahuan... mobil ditumpuk gitu ya... kayak saya numpuk makanan di rak di kulkas gitu, disusun kalau perlu apa tinggal ambil yang diperlukan...
jadi gedungnya 12 lantai, tiap lantai berisi 8 mobil... total bisa menampung 96 mobil... wuih lumayan juga ya...
bisa jadi sarana mengatasi kekurangan lahan/lapangan parkir niy...
biasanya berkembang ke bawah, basement... sekarang berkembang ke atas..
hebat lah... saya mah takjub pisan...

Gini cara kerja yang saya lihat,
ada 4 lift, kalau mobil masuk lift, nanti secara komputerisasi lift mengangkat mobil dan bisa menyusunnya ke kanan atau ke kiri lift...
satu lift akan bekerja memasukkan mobil sampai rak penuh sebanyak 24 kali (kan ada 12 lantai, mobil bisa tersusun di kanan kiri ruang lift, jadi bisa bergerak 12x2)
Dan waktu mau pulang, kita tinggal menyebutkan nomor polisi mobil, operatornya akan membuka kotak di samping pintu lift, memencet layar, lalu lift akan mencari di rak mana mobil tersimpan, mengambilnya lalu... hebatnya sekalian memutar arah mobil sehingga moncong mobil yang tadinya ke arah dalam, sekarang ke arah luar. Hebat ya...

Andai teknologi canggih seperti ini dimanfaatkan petinggi dan pejabat negeri hebat ini...
diperbanyak demi sebesar-besarnya kepentingan rakyat
tentu masyarakat semakin hebat pula karena stres berkurang di jalan raya khususnya berkaitan dengan kendaraan, parkir dan lalulintas...
jadi hidup bisa lebih fokus lagi untuk membangun diri dan negara bukan? (sedikit puitis, gak nyambung... but it's real, whuaaa nyaman banget parkir kayak hari ini)
coba kalau perasaan nyaman yang saya alami ini dirasakan semua masyarakat, tentu stres berkurang... senyum mengembang... kita lebih ramah... (halah... kejauhan niy deskripsinya... hehehe... tapi you get what i mean kan)
Whatever... Pokoknya, saya bersyukur, hari ini hari hebat untuk saya
Punya 'sopir' hebat, parkir di tempat hebat, mengenal teknologi yang hebat.... Luar biasa

No comments:

Post a Comment