13 September 2014

Laboratorium Itu Bernama Junior MasterChef Indonesia 1




Saya dan si Bungsu ternyata bersama-sama masuk sebuah laboratorium
Saya dan si Bungsu melakukan berbagai percobaan,

keadaan sebelumnya, pre-test :
mudah berkata lelah dan capai
kurang tekun, mengerjakan tugas kalau sudah lelah, berhenti
sangat emosional,
mudah ngambek,
mudah marah,
ofensif iya defensif iya,
mudah menangis kesal
kurang fokus
tidak mudah mencerna instruksi
terburu-buru yang penting selesai
kurang suka diberitahu

yaelaaah banyak banget dan lancar amet nulis negatifnya orang lain,
iya iya iya... manusia banget gak sih...

itu tadi list untuk si Bungsu, si Fera
untuk saya.....
hhhm
mulai seret deh....
hahaha..

ini keadaan saya sebelum masuk laboratorium,
jika berkaitan si Bungsu :
nasehat 100%
ngomong-ngomong dan ngomong
kalau dia ngambek, saya tinggal....
baru deh, saya diem-diem dan diem
ngambek bareng ceritanya...
(peringatan :
psikolog adalah manusia juga)



begitu dinyatakan diterima sebagai finalis Junior MasterChef Indonesia,
deg-deg-an luar biasa terjadi pada saya....

haduuuh bagaimana saya siap?
memang Fera yang jadi finalis,
tapi saya pendampingnya kan...
saya batu karang nya tempat dia bersandar..
saya harus kuat untuk dia kan?
haduuuh bagaimana saya siap?

saya juga suka kurang sabar sama Fera...
padahal ini 24 jam akan bersama-sama, bagai perangko disudut amplop
saya akan ngintil Fera terus....
yakin deh itu...
friksi mudah terjadi

kebayang ya....
sudah capek syuting dengan segala tantangan
yang nungguin juga capek lho
plus lebih capek karena mengusahakan dia nyaman
berasa susah bener deh saya jadi manajer artis ternyata ya....

ya karena saya masih kerja....
saya masih punya utang laporan psikologi yang numpuk yang belum saya ketik
saya masih punya utang untuk masuk kelas IX mendampingi mereka menyambut ujian2nya
saya masih punya putri lain yang juga butuh pendampingan (kalau si Sulung mah udah percaya lah dia bisa atur diri sendiri... si Tengah ini.. waaahhh kesian gak sih ditinggal saya masuk karantina)

Jadi saya harus fokus juga,
minta ijin dan pengertian pihak tempat saya bekerja untuk mengijinkan saya mendampingi si Bungsu
Fera juga harus fokus,
minta ijin dari sekolah,
dobel-dobel beratnya anak ini... sudah berkebutuhan khusus, kelas 6 pula....
aduhhhh... tantangan ini... harus dijalani

semoga berguna
semoga semua tidak sia-sia

14 November 2013
nunggu kesempatan audisi di RCTI

Yang pertama tantangan sudah timbul,
saat mau audisi...
nunggunya lama
udah ngambek itu...
udah tantrum...

menyebalkan kan?
siapa yang daftar siapa yang mau... belum sampai audisi udah ngambek
garuk-garuk aspal deh pengennya.. aaarrrgghhh

"ya udah kalau gak sabar nunggu... kita pulang sekarang"
sudah gak tau lagi deh saya,
ngancem atau ngomong baik-baik atau apa...
gregetan deh....

sabar buk...
mulai aja belum
jangan kalah berperang sebelum nembak..
lho???

sekarang... kalau abis audisi
dibilang kemungkinan nggak diterima karena kurang ekspresif
terus gimana???

lihat anakku merunduk, melayu....
di situ saatnya petuah diucapkan
eh dipuji dulu ding...
bahwa sudah malam-malam mau buat bolu kukus sendiri sampai ngembang mekar...



saya puji karena ini kue yang susah....
ada tu namanya kutukan bolu kukus mekar...
karena tidak mudah membuat bolu kukus bisa mekar
jadi ini prestasi...
belum ini dikerjakan tidak dibantu
belum ini dikerjakan setelah pulang sekolah
ini prestasi...

setelah dipuji...
saya beritahu kenyataannya kalau kata si mas-masnya tadi maksudnya apa...
tidak mendahului kehendak Tuhan... tapi si Bungsu harus disiapkan
bahwa kesuksesan itu berbanding lurus dengan usaha
mungkin yang tidak tidur malam, capek-capek pulang sekolah malah masak dan gak dibantuin... itu juga usaha yang kurang
atau kurang tepat... karena yang dicari kalau di layar tivi adalah ekspresifnya
jangan grogi depan kamera
ada nilai 'jual'nya
padahal ya udah dikasih tau untuk santai,
ekspresif...
ya tapi ya bagaimana ya....

jadi ya memang.... setiap saat harus yang pol-polan...
hasil gimana entar
tapi usaha harus sepenuh hati
harus...

kurangi ngambekan... ini bonus nasehat niy...
kurangi bentak-bentak ibu....
hehehe ini bisa-bisanya saya aja nambahin nasehat
kalau suatu usaha dikerjakan dengan aura negatif... hasilnya juga gak maksimal
dia mengangguk....
gak nangis.... tapi sedih gak bisa jadi finalis Junior MasterChef Indonesia
lalu kita makan-makan... sebagai hadiah dia sudah berusaha sendiri....
saya cium keningnya...
si Tengah, megang tangannya agar dia kuat
kita tepuk-tepuk punggungnya

kalau ternyata akhirnya dinyatakan masuk sebagai finalis...
nah itu...
dengan tidak disadari ternyata...
perubahan perilaku terjadi karena karantina

Si Bungsu langsung tahu
akibat dari perilakunya

kalau ngambekan itu gak baek...
harus belajar ngelola emosi
dikasih tau jangan nantangin....

coba aja...
pas dikasih tau tu untuk hati-hati... dan dia bilang "whatever"
rasanya sakitnya di sini deh....

tapi kalau setelah cooking class semua finalis bilang ke saya
"aunty... Fera kepotong jarinya"
"tante Fera tu... berdarah-darah"
terus saya ketemu si Bungsu...
yang ada hanya menatap, diam....
saya harus sabar jangan ngomel...
anaknya sudah stres lihat jarinya kepotong...
"ibu... maaf ya aku tadi keburu-buru.... meleng gak memperhatikan tugas"
nah...
langsung kan hubungannya...
si Bungsu ngalamin sendiri...
'kurang ajar' sama ibu nya.... akibatnya jadi gimana...
gak dengerin kata-kata ibunya... jadinya bagaimana?
bukan karena ibunya ... tapi sikap...
sikap menerima masukkan
sikap untuk mengelola emosi
ternyata berbanding lurus dengan fokus dalam bekerja

besok-besoknya dia lebih hati-hati
besok-besoknya dia kurangi sikap yang songong kalau dengan ibunya
nah... itu fungsi laboratorium hidup yang kita alami

waktu saya bilang cara misahin telur kuning dan putih begini...
dia ngeyel...
"ibu tahu apa sih... gak gitu lagee"
haduuuh... sembari mengibaskan tangan gitu
rasanya gimanaaa gitu,
sedih banget deh digituin
haiya ibunya lebay deh
eh tapi sedih lho... masukkannya gak berguna
rasanya sakitnya di sini deh....

courtesy RCTI
kalau keluar dari penjurian,
terus peluk saya
terus bilang
"kata chef Degan misahin kuning telur sama putih telur tenyata seperti yang ibu ajarin kemarin itu bu.... ibu pinter ya... ternyata"
hehehe.... tahan buk tahan... jangan bilang "I told you so"
jadi yang terbaik ya saya peluk,
saya cium keningnya...

toh besok-besok si Bungsu lebih yakin sama nasehat ibunya
toh ini juga suatu proses agar dia tahu bahwa CARA itu ada banyak
perlu dipilih
perlu diketahui banyak kemungkinan
jangan cuma satu doang
harus sebanyak mungkin cari alternatif
toh dia juga harus paham kalau masukkan dari luar, itu bukan selalu kritikan
memberitahu itu beda dengan nyalahin

dia harus PD percaya diri
jangan selalu merasa tidak mampu
selalu salah sehingga masukkan selalu dianggap suatu serangan

jadi saya dan dia belajar
diajari percobaan hidup di laboratorium yang namanya Karantina Junior MasterChef Indonesia 1.
Saya belajar sabar
Belajar tenang
sama juga...
Fera belajar tenang,
belajar sabar,
bonusnya.... sikap kerja di dapur juga membaik...
lebih cekatan, lebih bersih, lebih bertanggungjawab
plus...
Fera lebih memperhatikan teman
Lebih mudah senyum
Lebih kuat dalam bekerja
Lebih persistence
Daya tahan lebih tinggi
Keluhan berkurang
Semua lebih enjoy

Saat dieliminasi....
Fera sudah lulus...
sikap sudah membaik
passion pada masak juga meningkat
pada orangtua terutama ibunya juga lebih hormat,
bertengkar berkurang 
ibunya juga malu kalau tetep cerewet

Imbasnya sikap belajarnya juga semakin positif,
tahu kalau ini ijin dari sekolah itu membuat gamang sekolah
dia balas dengan belajar sekuat tenaga
dia lebih positif
pulang sekolah tidak mengeluh capek
langsung belajar
karena tahu... dia berhutang banyak pada sekolah

Gak rugi masuk karantina...
walau untuk Fera semuanya sebenarnya berkali lipat beratnya dibanding finalis lain...
karena memahami instruksi dan berbicara juga keunikannya
belum memahami urutan adalah tantangan tersendiri
tapi dia keras berusaha....
saya rasa.... dia sudah membuktikan kepada saya juga
bahwa dia tidak main-main
dia mau disuruh belajar ketika finalis lain sudah tertidur
dia mau diminta bangun sangat pagi untuk kesekolah ketika finalis lain masih tertidur
sampai keluar dan acara sudah tayang dan telah selesai.... ada tu...
salah satu finalis Junior MasterChef Indonesia 1 yang bilang 
"Kakak Fera.... aku tu betul gak tahu lho kalau kamu disleksia...
dengan kesulitan seperti itu kamu hebat bisa ikutan dan bertahan"
whuaaaa mak nyesss di hati...
terima kasih ya Kimmy.... itu adalah sanjungan buat Fera
terima kasih pengertianmu ya Kim...

itu deh.... gak diminta,
kok iya... kami berada juga di lingkungan yang toleransinya tinggi
finalis Junior MasterChef Indonesia 1 itu hangat... kekeluargaan
hormat pada keunikan masing-masing individu
keluarga yang hebat....

Laboratorium hidup yang luarbiasa yang kami pernah ada di dalamnya
Hebat... luar biasa



No comments:

Post a Comment